Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Indeks » Headline » Bimtek PLUT-NTB Pembentukan Koperasi Desa Kembang Kerang Kec. Aikmel Lotim

Bimtek PLUT-NTB Pembentukan Koperasi Desa Kembang Kerang Kec. Aikmel Lotim

(1412 Views) April 9, 2015 2:27 pm | Published by | No comment

plut6Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi dan Usaha Mikro, kecil dan Menengah (KUMKM) Nusa Tenggara Barat – NTB menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembentukan Kelompok Calon Koperasi, Rabu (08/04/2015), di Desa Kembang Kerang Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur yang kebanyakan warganya sebagai pengrajin kain tenun.

Bimtek sehari penuh ini digelar dalam satu kelas. Yaitu, pembentukan kelompok bakal calon koperasi yang terdiri dari 5 kelompok pengrajin tenun berasal dari 4 Dusun di Desa Kembang kerang,selain itu juga secara aklamasi memilih struktur kepengurusan koperasi yang akan di bentuk dengan nama koperasi “Pade Angen” dengan jumlah peserta 50 orang.

plut4

Pembukaan kegiatan oleh Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Lotim oleh Bapak H. Zohrowardi

Kegiatan ini dibuka Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lombok Timur, diwakili Sekretaris Dinas yaitu Bapak H. Zohrowardi. Dalam sambutan acara, Bapak H. Zohrowardi berharap agar kegiatan ini terus berkelanjutan kegiatan Bimtek ini juga perlu di perluas wilayahnya,bukan hanya di Desa Kembang Kerang saja,masih banyak Desa di Kabupaten Lombok Timur ini yang memiliki produk unggulan baik secara berkelompok atau sendiri-sendiri agar bisa di arahkan menjadi Koperasi yang tertib aturan dan tidak berorientasi pada bantuan saja (mandiri)

plut3Sementara itu, L.Maya Junaedi,SE Konsultan PLUT – NTB (Divisi Pembiayaan dan Permodalan) selaku narasumber dalam kegiatan ini mengarahkan bimtek yang digelar oleh PLUT NTB bisa menjadi bekal untuk menjadikan Koperasi yang sehat dengan kelengkapan administrasi keuangan yang tertib sehingga diharapkan nantinya produk dari peserta bimtek berupa kain tenun bisa keluar satu pintu dan bisa mengangkat perekonomian Masyarakat Desa Kembang Kerang Kecamatan Aikmel dan menjadi icon Kabupaten Lombok Timur.

Selain itu, PLUT-NTB juga mengagendakan bimtek pengembangan usaha bagi pelaku usaha di kabupaten kota lainnya terkait Legalitas Usaha, Akses pembiayan dan permodalan, Manajemen usaha mikro, kecil dan menengah, baik pada fase memulai (start up) dan fase pengembangan bisnis (improve) dan konsultasi pengembangan usaha bagi KUMKM.

PLUT KUMKM – NTB adalah merupakan rumah sakit bagi KUMKM yang menyediakan jasa-jasa non-finansial secara menyeluruh dan terintegrasi bagi koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah. Khususnya, dalam upaya meningkatkan daya saing KUMKM di Provinsi – NTB” tandasnya. (Erwin)

Tags: , , ,
Categorised in: ,

No comment for Bimtek PLUT-NTB Pembentukan Koperasi Desa Kembang Kerang Kec. Aikmel Lotim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *