Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Indeks » Headline » Hadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) Siapa Takut!

Hadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) Siapa Takut!

(572 Views) September 18, 2015 10:21 pm | Published by | No comment

praPemberlakuan pasar MEA pada awal tahun 2016 mendatang tidak perlu ditakuti, karena MEA bukan persaingan, melainkan perdagangan yang menerapkan konsep pola kerjasama yang saling menguntungkan. kata Deputi Bidang Pengembangan SDM, Kementerian Koperasi dan UKM RI, Prakoso B.S dihadapan 300 orang UMKM peserta pendidikan dan pelatihan Penggunaan Sosial Media Berbasis Teknologi Informasi dan diklat SNI,Sertifikasi,dan Produk Halal di Hotel Grand Legi, Mataram, Kamis (17/9).
Kata Parakoso, menghadapi MEA itu, dengan cara produk –produk yang dihasilkan oleh UMKM supaya kualitas produk dijaga dan terus ditingkatkan, memperkuat usaha serta serta membangun jaringan kepada pelaku usaha serta konsumen. Dengan demikian, konsumen akan lebih memilih produk UMKM lokal yang dihasilkan oleh pelaku UMKM dibandingkan dengan produk yang datang dari luar yakni impor meski harga yang ditawarkan lebih murah.
“UMKM kita tidak perlu khawatirkan MEA dengan cara meningatkan kualitas produk serta memperkuat jaringan usaha,” Ujar Prakoso.
Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UMKM Provinsi NTB, H. Supran menegaskan masyarakat di Nusa Tenggara Barat sudah siap menyambut dan menghadapi pemberlakun pasar bebas MEA pada awal tahun 2016 mendatang, sebab kualitas produk dari perajin dan produk lainnya dari UMKM di NTB memiliki kualitas yang cukup baik. Selain itu, pendidikan dan pelatihan oleh pemerintah provinsi NTB terus dilakukan dalam rangka meningatkan sumber daya manusia (SDM) para pelaku UMKM.
Kata H.Supran, pendidikan dan pelatihan terus digalakan dengan tujuan agar para pelaku UMKM lebih kreatif dan inovatif dalam menghasilkan kerajinan dan produk unggulan yang mereka pasarkan kepada konsumen.
Selain Deputi Bidang Pengembangan SDM, Kementerian Koperasi dan UKM RI, Prakoso B.S dan Kadiskop UMKM NTB H.Supran, hadir Juga Gubernur NTB yang di wakili oleh Sekda NTB H.Muhammad NUR yang sekaligus membuka Diklat.

Categorised in: ,

No comment for Hadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) Siapa Takut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *