Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Indeks » Headline » Konsultan CIS NTB Live TV9

Konsultan CIS NTB Live TV9

(390 Views) February 10, 2017 1:38 am | Published by | No comment

Keberadaan Center of Integrated Service for SMEsCo NTB memberikan nilai yang positif terhadap pelaku UMKM. Ini disebabkan karena pelayanan yang diberikan kepada mereka sangat berkesan baik ketika didampingi dalam manajemen usaha maupun dalam akses pemasaran.

CIS SMEsCo NTB memberikan pelayanan-pelayanan bagi UMKM secara gratis diantaranya adalah: Pelayanan Bidang Kelembagaan, SDM, Pembiayaan, Produksi, Pemasaran, Pengembangan IT dan Jaringan Kerjasama. Tujuh layanan tersebut merupakan menjadi kebutuhan bagi pelaku UMKM dalalm pengembagnan bisnis/usaha karena ketujuh layanan tersebut tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya.

Kita menyadari bahwa masih banyak sekali kendala-kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM dalam menjalani usaha mereka tetapi bukan menjadi penghalang untuk mewujudkan usaha tersebut menjadi sukses dan meledakkan omzet mereka.

Hari Senin tanggal 6 Februari 2017 perwakilan konsultan CIS SMEsCo NTB menjadi narasumber di TV9 dalam acara “Obrolan Warung Kopi”. Acara tersebut sangat menarik dengan mengangkat tema “Kesiapan UMKM dalam Menghadapi Pasar Global”. Pada kesempatan tersebut dibahas tentang keberadaan CIS SMEsCo NTB dalam memberikan pendampingan secara langsung kepada pelaku UMKM di beberapa lokasi usaha yang tersebar di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat sehingga aspek manfaat melekat pada pelaku UMKM dan dapat diterapkan di masing-masing usaha yang dijalani.

Melalui acara “Obrolan Warung Kopi” tersebut Konsultan Pendamping CIS SMEsCo NTB Bidang Pemasaran (Zakiah, SH) memaparkan bahwa ujung tombak dari kegiatan usaha adalah pemasaran karena tanpa pasar yang jelas akan sangat terasa sulit bagi UMKM untuk memajukan usaha mereka. Untuk merealisasikan aspek pasar tersebut sangat penting untuk melakukan riset kebutuhan pasar agar tidak salam dalam menargetkan calon pembeli. Maka dalam kesempatan tersebut juga Konsultan CIS NTB Bidang Pengembangan IT (Masyhur, S. Kom) menyampaikan bahwa pemasaran tidak bisa terlepas dari aspek Information Communication and Technology (ICT) karena sudah waktunya untuk para pelaku UMKM memanfaatkan IT ini dalam rangka mewujudkan UMKM Go International sehingga otomatis akan meningkatkan omzet penjualan. Dengan terwujudnya pasar nasional dan internatioal maka menjadi PR besar bagi pelaku UMKM untuk menjaga kualitas produksi agar tetap bertahan di pasar nasional maupun international.

Untuk mewujudkan hal tersebut maka Konsultan CIS SMEsCo Bidang Produksi (Dra. Masithah) memberikan teknik-teknik yang sangat bermanfaat dalam pengolahan bahan baku melalui kegiatan bimtek yang dilakukan secara langsung di lokasi usaha.

Kedepan Konsultan CIS SMEsCo NTB akan selalu menjalin kerjasama dengan media-media untuk mempromosikan keberadaan CIS SMEsCo dengan tujuan bisa dikenal oleh masyarakat dan dapat memanfaatkan layanan-layanan yang sudah disediakan yang nantinya menjadi UMKM Naik Kelas.

Categorised in: ,

Comment Closed: Konsultan CIS NTB Live TV9

Sorry, comment are closed for this post.