Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Indeks » Headline » Kunker ke Dinas KUMKM Prov. Jabar

Kunker ke Dinas KUMKM Prov. Jabar

(674 Views) December 11, 2014 10:57 am | Published by | No comment
Kunjungan Kerja ke DisKUMKM Prov. Jabar

Kunjungan Kerja ke DisKUMKM Prov. Jabar

Perkembangan Informasi Teknologi melalui internet atau dunia maya diakui sangat efektif dan murah dalam menyampaikan infomasi khususnya bagi pelaku KUMKM apalagi dalam menghadapi MEA 2015 (Masyarakat Ekonomi Asean). Melalui pembuatan website nanti, Dinas Koperasi UMKM NTB mencoba membuat terobosan baru yang nantinya melibatkan langsung para KUMKM untuk melakukan promosi atau transaksi langsung produk mereka lewat internet. Atas dasar inilah sejumlah pejabat Dinas Koperasi UMKM Provinsi NTB melakukan Kunker atau Kunjungan Kerja ke Provinsi Jawa Barat khususnya ke Dinas Koperasi UMKM Provinsi Jawa Barat untuk mempelajari Jabar Cyber Koperasi milik Dinas Koperasi UMKM Provinsi Jawa Barat yang telah menerapkan sistim tersebut yakni merangkul para pelaku Koperasi dan UMKM di Jawa Barat untuk mengembangkan usaha mereka lewat Jabar Cyber Koperasi. Selain itu Jabar Cyber Koperasi ini diakui menjadi sumber data mengenai perkembangan KUMKM di Jawa Barat.
Sekretaris Dinas Koperasi UMKM Prov NTB, H. Zainul Islam mengatakan, dipilihnya Jawa Barat disebabkan perkembangan KUMKM di Jawa Barat berkembang cukup pesat. Perhatian pemprov Jabar terhadap KUMKM pun cukup Tinggi, terbukti dengan banyaknya program-program pemberdayaan KUMKM salah satu Jabar Cyber Koperasi yang diakui mampu menjadi ajang informasi dan promosi bagi KUMKM menhadapi pasar bebas.

Berada di ruang rapat lantai 2 (dua) Dinas Koperasi UMKM Jabar Kamis (20/11), Kepala Dinas Koperasi UMKM Provinsi Jawa Barat H. Anton Gustoni saat menerima kunjungan kerja Dinas Koperasi UMKM Prov NTB, mengatakan, keberadaan Jabar Cyber Koperasi yang mulai dikembangkan tahun 2012 diharapkan mampu membantu para pelaku koperasi dan UMKM di Jawa Barat dalam mengembangkan produk mereka baik itu promosi maupun bertransaksi di internet . Selain itu, keberadaan Jabar Cyber Koperasi ini pun diharapkan menjadi sumber data mengenai keberadaan dan perkembangan KUMKM di Jawa Barat.
Hijaz Al Farabi, Konsultan Jabar Cyber Koperasi mengatakan, keberadaan Jabar Cyber Koperasi sebagai perhatian Gubernur untuk pemberdayaan KUMKM. Jabar Cyber Koperasi terintegrasi dengan Jabar Go id. Peran provinsi hanya sebagai administrator, kabupaten/ kota yang melakukan up date data. Namun untuk Promosi produk KUMKM, diakui Hijaz, masih hadapi kendala terutama karena keterbatasan pelaku KUMKM akan teknologi informasi.
Hijaz Al Farabi pun siap membantu pelaku KUMKM bila ingin mempromosikan produknya. Namun kata Hijaz, Sayangnya, ada juga pelaku UMKM sudah masuk ke Jabar Cyber Koperasi, namun keterbatasan produksi ketika ada pesanan kesulitan memenuhinya.

Categorised in: ,

No comment for Kunker ke Dinas KUMKM Prov. Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *